Kamis, 06 Desember 2012

Kemdikbud Upayakan Pembangunan Zona Integritas



Medan --- Workshop Pembangunan Zona Integritas menuju wilayah bebas korupsi Regional III di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dilaksanakan di Medan Sumatera Utara dari tanggal 3 hingga 5 Desember 2012. Peserta workshop ini berjumlah 59 orang dari Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemdikbud, dan 76 Orang dari universitas, LPMP, politeknik, P4TK, balai bahasa, dan unit pelaksana teknis di wilayah Sumatera Utara dan sekitarnya.
Narasumber yang dihadirkan yaitu Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan, Kabid Pengawasan dan Akuntabilitas Aparatur Kemenpan dan RB, Transparacy International Indonesia, dan Kepala Subbid Hukum dan HAM Bappenas. Workhsop di Medan ini dibuka oleh Inspektur Jenderal Kemdikbud Haryono Umar.
Haryono Umar mengajak segenap unit kerja Kemdikbud bersama-sama membangun pendidikan bebas korupsi, dengan upaya pencegahan yang dilakukan yaitu memperbaiki sistem, melaksanakan LHKPN. "Selain itu kita harus melaporkan gratifikasi, menegakkan etika, menjunjung dan mengamalkan nilai-nilai anti korupsi," ujar mantan Wakil Ketua KPK tersebut. Untuk mencapai zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi, Irjen Kemdikbud mengharapkan komitmen dari pejabat dan pegawai di lingkungan Kemdikbud yaitu “Bersama-sama kita berkomitmen Kemdikbud menjadi percontohan”. 
Tujuan workshop ini yaitu mensosialisasikan program-program pencegahan dan pemberantasan korupsi, mempercepat upaya pencegahan korupsi dan merumuskan rencana aksi pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Dan Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani (WBBM) pada unit utama dan unit-unit kerja di lingkungan Kemdikbud. Selain itu untuk merumuskan masukan draft Permendikbud tentang penerimaan dan pemberian hadiah sehubungan dengan gratifikasi. (ART, NW)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar